Penjelasan Lengkap Wali Kota Gunungsitoli Soal Ranperda

1

Penjelasan Lengkap Wali Kota Gunungsitoli Soal Ranperda

NIAS INFO | Wali Kota Gunungsitoli, Sowa’a Laoli, SE, M.Si, memberikan Penjelasan Umum terkait Ranperda Penyelenggaraan Kearsipan di Kota Gunungsitoli. Diselenggarakan di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kota Gunungsitoli pada Rabu, 28 Februari 2024.

 

Penjelasan Lengkap Wali Kota Gunungsitoli Soal Ranperda

 

Dalam penjelasannya, Wali Kota menyampaikan dua Ranperda, yaitu mengenai Penyelenggaraan Kearsipan di Kota Gunungsitoli dengan tujuan penyelamatan arsip sebagai bukti pertanggungjawaban penyelenggaraan negara. Ranperda ini mengatur pengamanan dan pelestarian arsip dalam administrasi pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan di Kota Gunungsitoli, baik secara konvensional maupun elektronik.

 

Selain itu, disampaikan pula Ranperda Perubahan Ketiga Atas Peraturan Daerah Kota Gunungsitoli Nomor 8 Tahun 2016 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli. Perubahan ini bertujuan untuk menata kelembagaan yang mencakup berbagai urusan pemerintahan dan model organisasi yang menanganinya, dengan memperhatikan kebutuhan organisasi.

 

Ranperda tersebut juga mengatur tentang perubahan nomenklatur beberapa lembaga, seperti pemberian tambahan bidang pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan menjadi Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kota Gunungsitoli. Selain itu, tipologi Satuan Polisi Pamong Praja juga mengalami perubahan dari tipe “C” menjadi tipe “A”.

 

Dalam penutup, Wali Kota menyatakan keterbukaan terhadap masukan dan pendapat dari semua pihak untuk memperbaiki dan memperkuat Ranperda tersebut sesuai dengan kepentingan masyarakat Kota Gunungsitoli. Terlihat juga hadirnya Inspektur, Kepala Dinas Perpusip Kota Gunungsitoli, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, Kabag Hukum Sekretariat Daerah Kota Gunungsitoli, Anggota Dewan, dan tamu undangan lainnya.

80%
Awesome
  • Design
1 Comment
  1. […] NIAS INFO | Dalam pemberitaan terkini, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Gunungsitoli sukses menangani kebakaran yang melibatkan beberapa bangunan di Desa Iraonolase Dusun 2, Kecamatan Gunungsitoli Alooa pada Rabu (28/2/2024). […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.