Optimalisasi Parkir Wisata Mangrove

1

Optimalisasi Parkir Wisata Mangrove

NIAS INFO | Tempat pariwisata Mangrove yang berlokasi di Desa Sisarahili, Teluk Siabang, Kecamatan Sawo, Kabupaten Nias Utara, masih belum dikelola secara optimal. Tokoh publik setempat, Tonawamati Telaumbanua, menyampaikan bahwa BUMDES Sendroro telah mengambil alih pengelolaan objek wisata Mangrove di desa Sisarahili, Teluk Siabang sejak tahun 2023, dengan menyertakan sistem retribusi parkir bagi para pengunjung. Sayangnya, sistem ini hanya berjalan beberapa bulan di awal tahun 2023 dan terpaksa dihentikan, dikarenakan jumlah pengunjung yang minim dan fasilitas parkir yang kurang memadai.

 

Optimalisasi Parkir Wisata Mangrove

“Area parkir di tempat wisata Mangrove membutuhkan penataan yang lebih baik dan permanen, mengingat kondisi saat ini masih belum mendapatkan sentuhan pembangunan dan seringkali menjadi hambatan bagi para pengunjung. Hal serupa juga terjadi pada jalur pejalan kaki yang beberapa bagian masih terbuat dari papan, sehingga membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah Kabupaten dan juga pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” ungkapnya pada hari Rabu, 13 Maret 2024.

 

Tonawamati berharap, pembangunan tempat parkir dan jalur pejalan kaki di tempat wisata Mangrove dapat segera direalisasikan. Dengan begitu, daya tarik objek wisata ini diharapkan bisa meningkat dan mampu memberikan keuntungan bagi pelaku usaha sekitar, seiring dengan berjalannya waktu dan peningkatan jumlah pengunjung yang datang untuk menikmati keindahan Mangrove di Desa Sisarahili, Teluk Siabang ini.

 

Menurut Tonawamati, potensi wilayah ini cukup besar untuk dijadikan salah satu destinasi wisata unggulan di kabupaten Nias Utara. Namun, demi mencapai tujuan tersebut, pengelolaan dan penataan wilayah sebaiknya dilakukan secara berkelanjutan dan terstruktur. Ia berharap pemerintah daerah dapat memberikan dukungan secara maksimal dalam pengembangan potensi wisata ini, sehingga dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi masyarakat sekitar dan daerah ini pada umumnya

80%
Awesome
  • Design
1 Comment
  1. […] NIAS INFO | Setelah pelaksanaan operasi keselamatan, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polisi Resor Nias Selatan telah menggelar kegiatan pembagian brosur untuk membantu masyarakat dalam berlalu lintas yang betul dan aman. Hari Kamis (14/3/2024) stealth menjadi momen penting karena ratusan warga yang menjadi pengendara menerima lembaran edukatif tersebut secara langsung. […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.